Selasa, 05 Januari 2010

Tokoh-tokoh Matematika

Matamatika itu bukan hal yang sulit untuk dipelajari, hanya perlu latihan dan pengulangan pada setiap pembelajarannya. kadang siswa menyerah lebih dulu sebelum mencobanya. evaluasi -evaluasi diharapkan lebih memperkuat penguasaan materi. Memotivasi siswa adalah bukan hal yang mudah dilakukan guru tapi terus dan terus dilakukan seorang guru demi kemajuan anak didiknya.
memotivasi dilakukan dengan berbagai cara, dengan menunjukkan dan menceritakan sejarah tokoh-tokoh matematika beserta penemuan dan keajaiban dunia matematika

Archimedes (287-212 SM)

"Eureka eureka" itulah kata-kata yang diteriakkan Archimedes dikamar mandi, artinya adalah saya menemukan. Mengapa kata itu sangat terkenal? karena pada saat itu Archimedes menemukan hukum yang sangat terkenl hingga saat ini, yaitu hukum Archimedes yang isinya"jika benda dimasukkan ke dalam zat cair maka benda itu akan mendapatkan gaya ke atas sebesar berat zat cair yang dipindahkan"
Siapakah archimedes yang terkenal itu?

Archimedes lahir di Syracuse, siuly dan belajar mtematika murni di Alexandria, mesir. Ia banyak menemukan penemuan hebat pada zamannya, seperti menemukan rumus volume bola dan luas sisi bola. Archimedes menyatakan " jika sebuah bola dimasukkan tepat pada sebuah tabung dan bola tersebut menyingung alas, sisi selimut dan atas tabung maa volume bola = 2/3 volume tabung"

Amatlah disayangkan Archimedes meninggal ditangan serdadu Romawi karena ia tidak mengindahkan perintah serdadu untuk menghadap raja. Ketika ia sedang menggambarkan diagram matematika di pasir ia begitu asyik dan serius sehingga tidak mempedulikan perintah serdadu itu dan dengan pedangnya serdadu itu membunuh Archimedes.

PTOLOMEUS

Ptolomeus berkebangsaan Yunani yang hidup pada abad kedua Masehi, Ketika dewasa, ia tinggal dan bekerja di Alexandria, mesir. Ptolomeus adalah seorang ahli mtematika, astronomi, fisika dan musik
Dalam matematika, ia menyumbangkan dalil ptolomeus yang masih digunakan sampai sekarang. Didalam dalilnya ptolomeus menyatakan bahwa ' hasil kali diagonal-diagonal suatu segi empat tali busur sama dengan jumlah perkalian sisi-sisi yang saling berhadapan". Dri semua itu penemuanny yang paling terkenal adalah pendapatnya tentang sistem tata surya yang kemudian dikenal dengan nama Sistem Geosentris. Ia mengatakan bahwa bumi adalah pusat tata surya dan planet-planet beredar mengelilinginya termasuk matahari.

Ternyata teori ptolomeus ini tidak benar, setelah bertahan sekitar 14 abad. Pada abad ke-16 Nicolas Copernicus mengemukakan teori Heliosentris yang menyebutkan bahwa"matahari adalah pusat tata surya dan planet-planet mengelilingi matahari menurut garis orbit yang berbentuk elips. Walaupun pendapat ptolomeus terbukti tidak benar, tetapi ia tetap diakui sebagai ilmuawan besar sampai saat ini

PYTHAGORAS (582 SM-497 SM)

Pythagoras adalah seorang ahli matematika dan filosofi yang hidup pada abad ke-6 yang dilahirkan diPulau samos, Yunani. Ia merupakan salah satu murid Thales yang terkenal gagasan-gagasannya yang brilian sampai sekarang dan menjdi inti peradaban modern.
teorema matematika telah banyak ditemukannya, termasuk teorem tentang hubungan sisi-sisi pada segitiga siku-siku yang terkenal dengan nama Teorema Pythagoras.

Teorema Pythagoras menyebutkan bahwa 'kuadrat sisi miring (hipotenusa) sama dengan jumlah kuadrt sisi-sisi lainnya"
pythagoras adalah orang pertama yang memandang geometri sebagai sistem pemikiran terorganisir yang terkumpulkan melalui bukti deduktif, dimana satu teori tergantung pada teori lain dengan ikatan logika yang sangat kuat.

pada usia kira-kira 50 tahun, ia pindah ke Crotona, Italia Selatan dan di sana mendirikan sekolah Pythagoras yang terkenal.

RENE DESCARTES (1596-1650)

Cogito Ergo Sum. I think therefore I am, saya berpikir maka saya ada. Ini adalah kata-kata yang terlontar dari seorang ahli matematika yang bernama Rene Descartes. Rene Descrtes lahir 31 Maret 1596 di La Haye Touraine Peranis. Ia adalah orang yang sangat luar biasa di bidang matematika dan filsafat. Orang lebih mengenal Rene Descartes karena sistem koordinat yang ditemukannya. yang kemudin lebih dikenal dengan nama Diagram Cartesius. Diagram Cartesiuslah yang telah menggbungkan dan mengembangkan antara geometri analitik dan kalkulus yang sebelumnya disajikan sebagai dua bidang matematika yang terpisah

Untuk menghormati jasanya penemuannya diabadikan dengan menggunakan namanya yaitu, Diagram Cartesius yang berasal dari kata Cartes yaitu nama belakangnya. Selain itu, Rene adalah orang yang menggambarkan grafik kurva dari suatu persamaan. Pada musim dingin 1 Februari 1650, Rene Descartes meninggal dunia
Rene Descartes telah berjasa dalam bidang Mtematika dan filsafat dan dunia selalu mengenangnya.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar